Update Berita Terbaru 2019

Rabu, 16 Oktober 2019

Cara Menghitung Detak Jantung Normal


Untuk mengetahui detak jantung normal, anda tidak usah menjadi seorang atlit terlebih dahulu. Karena detaka jantung normal atau denyut jantung normal itu sangat penting untuk diketahui oleh setiap orang. Hal ini dikarenakan jumlah denyut jantung normal per menit bisa mengindikasikan masalah kesehatan seseorang. 

Mugkin anda penasaran apakah detak jantung yang anda miliki termasuk normal atau tidak? Oleh karena itu baca terus artikel ini guna mengetahui lebih jauh tentang seputar apa itu detak jantung normal, faktor-faktor yang mempengaruhi detak jantung, dan cara menghitung detak jantung normal per menit.

Apa Itu Detak Jantung?

Denyut jantung atau detak jantung yang anda rasakan dan dengar mengacu pada beberapa kali per menit arteri mengembang dan berkontraksi sebagai respons terhadap aktivitas memompa jantung. Lalu jantung memompa darah yang mengandung oksigen serta nutrisi ke seluruh tubuh dan membawa kembali produk-produk limbah. 

Perlu diketahui bahwa jantung memasok jumlah darah sesuai dengan kebutuhan tubuh pada saat itu. Sehingga aktivitas fisik yang lebih tinggi dari biasanya, rasa takut, cemas, emosi, dan terkejut bisa membuat jantung memompa lebih banyak dan cepat. Hal inilah yang bisa membuat detak jantung menjadi lebih dari detak jantung normal. Selain itu, detak jantung juga bisa menjadi parameter tingkat kebugaran pada seseorang. Jadi, semakin bugar tubuh seseorang maka akan semakin rendah detaj jantung normal anda. Hal ini disebabkan kondisi jantung yang sehat dan bugar tidak perlu memompa darah lebih cepat. Inilah yang membuat para atlet memiliki detak jantung normal sebanyak 40 kali per menit

Detak Jantung Normal 

Pengertian dari detak jantung normal itu bisa diartikan bahwa jantung memompa darah dalam jumlah terendah sesuai dengan kebutuhan anda pada saat anda tidak berolahraga. Pada saat anda duduk, berbaring, merasa tenang, santai dan tidak sakit, anda akan memiliki detak jantung yang normal. Perlu dipahami bahwa detak jantung sama artinya dengan denyut jantung. Dimana, detak jantung adalah beberapa kali jantung berdenyut dalm satu menit. Bagi orang dewasa, jantung berdetak sebanyak 60-100 kali per menit. Jadi, detak jantung normal adalah detak jantung yang berdenyut sebanyak 60-100 kali dalam satu menit yang dihitung ketika istirahat. 

Denyut jantung normal pada orang dewasa tidak sama dengan detak jantjg normal pada bayi atau anak-anak. Dimana, detak jantung normal pada bayi adalah 100-160 kali per menit, sedangkan untuk detak jantung normal pada anak-anak adalah 60-140 kali. Sementara detak jantung normal untuk anak di atas 10 tahun, sama dengan orang dewasa. 

Adapun faktor-faktor yang bisa mempengaruhi detak jantung normal itu diantaranya adalah tingkat aktivitas, suhu udara, emosi, ukuran tubuh, dan terapi obat.

Cara Menghitung Detak Jantung Normal

  1. Pertama letakkan jati telunjuk dan jari tengah anda pada titik area tubuh terbaik seperti pergelangan tangan, leher, bagian siku dalam, dan bagian atas kaki.
  2. Lalu tekanlah jari telunjuk dan jari tengah pada titik tersebut dengan cukup kuat supaya bisa merasakan detak jantung. Namun, jangan menekan terlalu keras karena denyut jantung bisa tidak terasa.
  3. Tetapkan alat yang akan anda gunakan sebagai penghitung waktu seperti stopwatch. Setel waktu selama 30 detik.
  4. Mulailah menekan stopwatch sebagai tanda dimulainya penghitungan detak jantung normal
  5. Hitunglah jumlah denyut jantung selama 30 detik tersebut.
  6. Lalu catat hasilnya dan kalikan 2 untuk mengetahui detak jantung normal per menit.
Nah supaya jantung anda selalu tetap sehat anda harus selalu menjaganya salah satunya adalah dengan berolahraga dan pola makan sehat. Semoga artikel ini ada guna dan manfaatnya bagi anda semua.
0

0 komentar:

Posting Komentar