Update Berita Terbaru 2019

Jumat, 22 Maret 2019

Inilah Beberapa Syarat Sabun Mandi Bayi yang Aman untuk Dipilih


Menjaga kesehatan bayi menjadi kegiatan yang dilakukan oleh para orang tua. Untuk mendapatkan hal ini bisa dimulai dengan menjaga kebersihan bayi agar senantiasa terbebas dari kuman atau kotoran yang menempel. Dimulai dari kebersihan tubuh si kecil, pakaian yang dikenakan, lingkungan sekitarnya, benda-benda yang sering dipegang, dan tentunya kebersihan Bunda sebelum berinteraksi dengan si kecil. 

Untuk menjaga kebersihan bayi, mandi menjadi agenda yang bisa Anda lakukan secara rutin pada si kecil. Untuk bayi yang baru lahir, mandi tidak perlu dilakukan terlalu sering. Cukup 2 kali sehari saja memandikan si kecil untuk membersihkannya dari kuman dan bakteri yang menempel. Mengingat kulit bayi yang masih sensitif, gunakan sabun bayi yang aman. Untuk mengetahui produk sabun bayi yang Anda beli aman atau tidak, haruslah memenuhi syarat sebagai berikut:

1. Memiliki derajat keasaman (pH) yang sesuai untuk kulit bayi.
pH kulit bayi lebih tinggi dibandingkan dengan orang dewasa, dimana berada pada rentang 6-7. Sesuaikan sabun yang dipilih dengan pH kulit bayi. Karena jika pH tersebut tidak seimbang, kulit akan rentan mengalami infeksi dan kering. Pilihlah sabun dengan pH netral agar keseimbangan pH kulit bayi terjaga.

2. Pilih jenis sabun berdasarkan kondisi kulit bayi Anda.
Ada 3 jenis sabun bayi, yaitu padat, cair, dan busa. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Untuk sabun busa dikhususkan untuk bayi yang baru lahir. namun perlu diketahui bahwa sabun busa umumnya memiliki kandungan bahan adiktif di dalamnya untuk membuat busa. Sehingga periksa dengan teliti kandungan bahan saat membeli sabun jenis ini. 

3. Periksa kandungan bahan yang digunakan.
Pilihlah sabun bayi dengan kandungan bahan alami di dalamnya. Karena bahan alami lebih aman dan cenderung tidak akan membuat kulit bayi iritasi. Bahan-bahan seperti susu, mentega, madu, lidah buaya, minyak zaitun, dlsb merupakan contoh bahan alami yang aman untuk kulit bayi. Hindari sabun dengan bahan SLS (Sodium Lauryl Sulphate) karena memicu terjadinya iritasi pada kulit bayi, serta bahan SLES (Sodium Laureth Sulphate) yang bisa beracun jika terserap ke dalam kulit. Terapkan hal yang sama saat Anda membeli sabun cuci pakaian bayi.
0

0 komentar:

Posting Komentar