Update Berita Terbaru 2018

Kamis, 09 Agustus 2018

5 Orang terkaya dalam sejarah umat manusia


Siapakah orang terkaya di dunia? Jika diberi pertanyaan seperti itu mungkin Anda akan langsung menjawab Bill Gates, Mark Zuckerberg, atau Jeff Bezos. Tetapi harta tiga miliuner dunia itu sebenarnya masih belum bisa dibandingkan dengan orang-orang terkaya sepanjang sejarah.

Sekadar informasi, Bill Gates dengan kekayaan tertinggi yang pernah dimilikinya mampu meraup 144 miliar dolar. Namun jumlah ini hanya menempatkan dirinya di posisi 19. Sementara Muammar Gaddafi, mantan diktator Libya berada di posisi 13 dengan kekayaan 212 miliar dolar setelah disesuaikan dengan inflasi.

Lalu siapa saja orang-orang terkaya sepanjang sejarah dunia? Berikut ini kami tampilkan dari posisi 10 sampai 1, dilansir dari MSN Money. Estimasi nilai kekayaan tertinggi yang pernah dimiliki dihitung dengan penyesuaian berdasar tingkat inflasi saat ini.

1. Genghis Khan (Kekayaan tertinggi: $100 triliun)


Pria yang berhasil menyatukan suku-suku nomaden Mongolia di bawah satu kekuasaan ini sukses menjadikan pemerintahannya sebagai yang paling ditakuti di seluruh dunia. Invasi dan ekspansi wilayah besar-besaran yang dilakukan sang Khan menjadikannya raja paling kaya dalam sejarah.

Daerah kekuasaannya meliputi area jutaan mil dan melipusi Asia serta Eropa, melebihi daerah taklukan penguasa manapun.

2. Kaisar Shenzong of Song (Kekayaan tertinggi: $30 triliun)


Shenzong memerintah Cina dari tahun 1067-1085. Masa pemerintahannya disebut sebagai era 'Kemakmuran Damai' dan 'Kelimpahan Primer'. Saat itu Shenzong mengendalikan sekitar 30% dari pendapatan global, setara dengan $30 triliun saat ini. Fakta tersebut tentu saja menjadikan dirinya sebagai salah satu tokoh terkaya dalam sejarah.

Pemerintahan Shenzong dikenal berhasil dalam regulasi pajak. Tidak hanya mengumpulkan pajak dari rakyat, hasilnya didistribusikan kembali untuk meningkatkan kualitas hidup warga miskin. Semua itu tercantum dalam Kebijakan Baru yang terkenal. Karena itulah pemerintahan Shenzong juga dipandang sebagai pelopor negara sejahtera modern.

3. Kaisar Akbar I (Kekayaan tertinggi: $21 triliun)


Akbar yang Agung atau dikenal juga dengan gelar Akbar I merupakan raja ketiga dinasti Mughal yang menguasai India. Kaisar ini menaklukkan tanah seluas ratusan ribu mil persegi dan menguasai sebagian besar sub-kontinen India.

Akbar terkenal akan gaya hidupnya yang mewah dan kegemarannya terhadap karya seni. Ia menguasai sekitar 25% dari pendapatan bruto global pada masa itu. Jika dikonversi ke nilainya saat ini,kekayaannya bisa mencapai $21 triliun.

4. Kaisar Octavianus Augustus (Kekayaan tertinggi: $4.63 triliun)


Gaius Julius Caesar Augustus yang bergelar Kaisar Octavianus Augustus adalah Kaisar Romawi pertama. Ia adalah anak angkat dan penerus Julius Caesar. Pria yang memerintah salah satu kekaisaran terbesar dalam sejarah itu berkuasa dari tahun 27 SM sampai kematiannya pada tahun 14 M.

Kekayaan pribadi Augustus setara dengan 20% dari pendapatan kekaisaran atau senilai $ 4,63 triliun saat ini. Pada satu masa, Augustus bahkan pernah memiliki Mesir.

Namun kejayaan Augustus tidak berlangsung selamanya. Kinerja ekonomi yang buruk dan suksesi kegagalan militer telah menodai tahun-tahun terakhirnya sebagai penguasa.

5. Raja Salomo dari Israel (Kekayaan tertinggi: $2,2 triliun)


Solomon atau juga dikenal dengan nama Salomo (Alkitab dan Injil) dan Sulaiman (Alquran) disebut sebagai manusia terkaya yang pernah ada di muka bumi. Sebagian dari kisahnya merupakan dongeng dan legenda. Namun raja yang memiliki harta dengan jumlah tak terbayangkan ini benar-benar nyata.

Menurut salah satu cerita, ia menerima upeti berupa 25 ton emas setiap tahun. Sementara Salomo atau Sulaiman memerintah selama 39 tahun. Jika dikonversi dengan memperhitungkan pajak, tingkat inflasi, dan suku bunga saat ini, kekayaannya bisa melampaui $2 triliun.

Itulah orang-orang dengan kekayaan terbesar sepanjang sejarah umat manusia.
0

0 komentar:

Posting Komentar