Update Berita Terbaru 2018

Senin, 23 Juli 2018

Tak hanya lucu, ternyata tindik telinga pada bayi juga berbahaya


Menindik telinga pada bayi mungkin sudah menjadi tradisi di Indonesia. Salah satu fungsi penindikan ini ialah untuk membedakan antara bayi laki-laki dan bayi perempuan. Namun, hal ini ternyata juga berisiko timbulnya masalah kesehatan pada bayi.

Dilansir dari New York Post, dokter dari American Academy of Pediatrics mengatakan bahwa sebaiknya orangtua tidak melakukan prosedur seperti tindikan, anting, dan kosmetika pada anak sampai mereka cukup dewasa untuk merawat kesehatan mereka sendiri.

"Tidak ada usia yang pasti (merekomendasikan untuk tindik telinga) selama itu dilakukan dengan hati-hati dan diperhatikan dengan sungguh-sungguh," ujar Dr. Corey Wasserman, dokter anak di Weill Cornell Medicine, Amerika Serikat.

Ia mencatat ada beberapabahaya menindik telinga bayi yang bisa terjadi. Terutama, pada mereka yang berusia kurang dari 90 hari, yang sistem kekebalannya sangat lemah.

"Infeksi pada bayi adalah kekhawatiran nomor satu," kata Wasserman.

"Setiap kali bayi yang sehat (berusia kurang dari tiga bulan) mendapat semacam infeksi, biasanya dia akan masuk rumah sakit dan antibiotik selama 48 jam," tambahnya.

Alergi


Menurut laman Johns Hopkins Medicine, risiko yang bisa terjadi ketika Anda menembuskan lobus telinga dengan jarum adalah infeksi.

Risiko kesehatan lainnya adalah alergi bayi pada logam atau bahan perhiasan yang dia gunakan ketika dipasang tindik atau anting dan juga tumbuhnya jaringan parut.

Dalam kasus yang jarang terjadi, Wasserman mengatakan bahwa anting yang terlalu ketat dapat menyebabkan kulit di bagian belakang telinga menutup dengan sendirinya. Sehingga, dibutuhkan intervensi bedah untuk dilepas.Sementara, untuk alergi atau jaringan parut, bisa dicegah dengan perawatan yang tepat.

Namun, ada juga yang berpendapat sebaliknya mengenai tindik telinga ini. Berdasarkan laporan dari Indiatimes, menindik telinga bayi juga memiliki beberapa manfaat. Salah satunya untuk meningkatkan konsentrasi. Karena tindik membantu untuk merangsang area otak yang membentuk konsentrasi loh.
0

0 komentar:

Posting Komentar